Sabtu, 21 April 2012

The Best I’ve Ever Had


“Lw pernah punya pacar ngga sih?”. Itulah pertanyaan yang sering ditanyakan Tara, sahabatku. Entah kenapa dia penasaran sekali, berulang kali kujawab ”Ya pernahlah.” tapi tetap saja dia  menanyakan hal itu padaku berulang kali dan akan kujawab dengan jawaban yang sama juga.

”Nanyanya kok gitu terus sih? Ngga punya pertanyaan lain apa? Bosen tau jawabnya juga.” ucapku dengan agak ketus. ”Habis sikap lw ke cewek gitu sih, Bay. Apalagi ke cewek yang suka sama lw, dingin banget. Klo bisa diukur mungkin sikap lw itu suhunya -100 o C kali.” jawab Tara yang kemudian disusul dengan anggukan Dafa. ”Loh? Apa salahnya gw punya sikap kaya gitu? Keberatan?” tanyaku dengan nada suara sedikit sewot. ”Memang sih ngga ada undang-undang yang ngelarang lw untuk punya sikap kaya gitu, tapi setidaknya ubah sedikit lah sikap lw itu. Lw ngga tau kan kalau si Arisa nangis gara-gara lw cuekin akhir-akhir ini?” ujar Dafa dengan lembut. ”Masa sih gw cuekin aja sampe nangis gitu? Berlebihan banget.” tanyaku lagi. ”Jujur aja gw juga kaget, pas dia curhat ke gw tentang sikap dingin lw itu tiba-tiba dia nangis. Tega banget sih lw. Dia tuh sayang banget sama lw, Bay.” jawab Tara dengan galaknya.

Setelah dengar jawaban Tara gw jadi ngerasa bersalah juga, udah bikin cewek yang suka sama gw nangis kaya gitu. ”Sebenernya gw bersikap kaya gitu tuh karena gw malu mau natap wajah dia. Emang bagi dia sikap gw itu jahat banget ya?” ucapku dengan pelan. ”Gimana yah? Kalau alasan lw kaya gitu menurut gw sih ngga jahat-jahat banget.” jawab Dafa.

Bel masuk mengharuskan kami menyudahi perdebatan ini. ”Sebenarnya gw juga merasa kalau sikap gw ini agak sadis, tapi mau gimana lagi? Jujur, gw jadi malu banget ketemu Arisa setelah tahu dari Dafa kalau dia itu suka sama gw, pengennya sih gw bersikap ’stay cool’ seperti biasa, tapi ngga bisa. Gw ngga mau dia ngeliat muka gw ang memerah karena malu, karena itu lebih baik gw menghindari dia daripada jadi bahan tertawaan.” pikirku dalam hati. Gw ngga bisa konsentrasi ke pelajaran, gw hanya visa mikirin Arisa. Gw jadi merasa kalau gw ini lebih jahat daripada segala penjahat kelas berat di dunia. ”Gw harus minta maaf!!” itulah tekad gw dalam hati.

Bel istirahat ke-dua berbunyi. Secepat mungkin gw lari ke kelas Arisa untuk jegat dia. Beruntung dia masih di kelas. ”Ris, ke kantin yuk.” ajak gw dengan gaya stay cool. ”Tumben lw yang ajak gw. Sebentar ya gw mau beres-beres dulu.” jawab Arisa. ”Mau minum atau makan? Biar gw yang pesenin.” tawar gw sesampainya di kantin. ”Ngga usah repot-repot, Bay. Lw ajak gw kesini ada yang mau diomongin kan? Langsung aja, ngga usah kebanyakan intro.” jawab Arisa yang seolah-olah sudah tau apa maksud dan tujuan gw ke dia. ”Ehm..Jadi gini Ris, gw...eeemm..gw...” entah kenapa tiba-tiba gw jadi gagap gini ”Apaan?” tanya Arisa dengan ketusnya, kayanya dia udah ngga sabar denger ucapan gw selanjutnya, ”Gw cuma mau minta maaf karena udah nyuekin lw beberapa hari ini. Gw minta maaf dai hati yang paling dalam dengan setulus hati! Please terima maaf gw ini!” lanjut gw sambil memasang wajah memelas. Gw pasrah, dengan ikhlas gw menerima tanggapan dari Arisa ”Gw rela deh ngelakuin apapun asalkan lw maun maafin gw!” sambung gw.

”Ya ampun, jadi lw cuma mau minta maaf? Oke oke gw maafin, tapi mau ngga lw ngelakuin satu hal buat gw?” jawab Arisa sambil menahan tawa, terlihat dari bibirnya yang tersenyum lebar. “Iya gw lakuin apapun yang penting lw mau maafin gw, daripada nanti gw ngga dibolehin Tuhan untuk masuk surga karena dosa yang satu ini.” Balas gw dengan tampang yang masih seperti kucing di film Shrek. “Lw mau ngga jadi pacar gw? Secara gw itu udah bertepuk sebelah tangan sama lw kurang lebih 2 tahunan. Gimana?”jawab Arisa agak gugup. Gw bingung, tapi mau gimana lagi ngga mungkin gw narik kata-kata gw yang sebelumnya, terlambat, mau ngga mau gw terima tawaran Arisa ”Oke deh.”jawab gw singkat. ”Beneran nih? Makasih ya Bay.” ucap Arisa sambil menahan air mata yang sebentar lagi sepertinya akan menetes. ”Kok nangis sih?” tanya gw tanpa pemikiran panjang ”Bego” pikir gw. ”Yah biasalah cewek, gampang emosian. Hehe.” jawab Arisa.

”Selamat ya Ris!!” teriak Dafa dan Tara yang tiba-tiba muncul dari belakang gw. ”Awas lw Bay, kalau Arisa sampai nangis gara-gara lw lagi, langsung gw mutilasi lw!” ancam Tara sambil menunjukkan tinjunya di depan wajahku.

Hari ini untuk pertama kalinya gw pulang bareng cewek, maklum biasanya gw punya cewek itu ngga satu sekolah sama gw. Kami ngga banyak ngomong di motor, paling kalau gw nanya arah ke rumahnya dan itu juga akan dijawab Risa dengan singkat, berasa jadi tukang ojek gw. Sesampainya di rumah gw terus menyesali perkataan gw tadi pas istirahat. ”Seandainya ngga gw ucapin.” kata-kata itulah yang terus ada dalam pikiran gw. Jujur aja sebenarnya gw ngga mau pacaran sama Arisa, padahal dia itu pinter, putih manis, dia juga baik, kalau kata temen-temen gw dia itu ’perfect’, tapi gw juga ngga ngerti kenapa gw ngga mau pacaran sama dia, gw ngerasa ngga ’sreg’ aja kalau ada di deket-deket dia. Yah, ibarat nasi udah jadi bubur, terima ajalah.

14 Maret 2008, bertepatan dengan hari white day gw jadian dengan Arisa. Layaknya orang pacaran, Arisa sering banget sms gw cuma sekedar nanya: udah makan belum? Lagi ngapain? Selamat malam, dan sebagainya yang nantinya cuma gw jawab: udah, lagi tiduran, sama-sama dan jawaban singkat lainnya. Dalam pacaran yang paling gw ngga suka itu smsan ngga penting. Jujur aja ya menurut gw itu semua ngga penting karena cuma menuh-menuhin inbox dan ngabisin pulsa.

Kadang-kadang gw nonton dan jalan bareng Arisa, itu pun kalau dia mengajak, kalau ngga, ya udah gw di rumah aja Facebook-an. 2 bulan pacaran masih gitu-gitu aja, sikap gw juga masih kaya biasa, ngga ada perubahan sampai suatu hari gw ngeliat dia bikin status Facebook kaya gini: ”Gw udah capek kaya gini terus!”. Tiba-tiba aja gw deg-degan, bukan karena takut dimutilasi Tara, tapi ada alasan lain dan gw juga ngga tau apa itu. Setelah bikin status kaya gitu, Arisa jadi ngga pernah sms gw lagi. Awalnya gw biasa aja ngga di sms dia sampe semingguberlalu dan dia tetap ngga pernah sms gw. Karena lagi liburan semester gw juga ngga pernah ketemu dia, tiba-tiba gw ngerasa khawatir, takutnya Arisa sakit atau jangan-jangan dia bunuh diri karena gw bersikap sadis ke dia. Lalu untuk pertama kalinya gw yang sms Arisa duluan. Gw sms : ”Risa, lagi ngapain?”. 1 jam berlalu. 2 jam. 3 jam, dan sms yang gw kirim ngga dibales. Tanpa  pikir panjang langsung gw telepon.

”Halo, Risa?” sapa gw.
”Temannya Risa ya?” Bokapnya yang jawab. Mampus.
”I...iya om, Risanya ada?” jawab gw agak gugup.
”...........”hening ngga ada jawaban.
”Halo?” ucap gw hanya untuk sekedar memastikan apa teleponnya masih tersambung
”Halo, Bayu ya? Sorry tadi aku lagi di dapur, jadi ayahku yang angkat. Tumben telpon, ada apa?” jawab Risa dengan suara lembutnya yang juga mengagetkan gw.
”Oh, ngga kenapa-kenapa pengen aja denger suara lw. Kangen,hehe. Oh iya besok mau nonton ngga?” jawab gw
”Boleh, kamu yang jemput apa ketemuan?” tanyanya.
”Gw jemput aja.” jawab gw sok gentleman.
”Oh oke. Aku tutup ya ibuku lagi repot di dapur aku harus bantu. Sampai ketemu besok.” jawabnya terburu-buru. ”....tuuuuut.....”
Teleponnya putus, tapi rasa khawatir gw hilang setelah denger suaranya itu. Tanpa gw sadari gw tersenyum sambil ngeliat HP. Ngga tau kenapa gw seneng banget hari itu.

Besoknya, gw dan Arisa beneran nonton. Sambil menunggu filmnya mulai gw nanya ”Ris, tumben kemaren sms gw ngga lw bales. Kenapa?”. ”Oh itu, pulsaku habis, aku belum sempat beli. Hehe.” jawab Arisa malu-malu. Pikiran gw tentang Arisa yang mau bunuh diri langsung hilang, ngga ada lagi rasa cemas yang ada cuma rasa ingin melindungi. Belum pernah gw ngerasa kaya gini, bahkkan ke mantan-mantan gw. Kayanya gw mulai merasa jatuh cinta dengan Arisa.

Sikap dingin gw ke dia perlahan-lahan hilang. Gw jadi lebih peduli sama dia dan dia juga semakin peduli sama gw. Bahkan untuk pertama kalinya ada orang yang mau ngasih kejutan spesial ke gw di hari ulang tahun gw dimana biasanya gw cuma disiram atau diceplokin pake telor busuk yang baunya minta ampun sama temen-temen gw. Di hari ulang tahun gw itu Arisa ngasih kue coklat entah apa namanya yang pokonya enak banget. Benar-benar jadi ulang tahun yang ngga bisa gw lupain. Sebelum meniup lilin ulang tahun gw membisikan permohonan gw yaitu : semoga bisa tetap berhubungan sama Arisa sampai kapanpun itu.

Sebagai balasan gw juga memberikan kejutan (abal-abal) ke Arisa saat ulang tahunnya. Gw kasih dia boneka lumba-lumba kesukaannya, ngajak foto bareng di foto box, dan mengajaknya dinner di McD. Walaupun cuma kaya gitu dia keliatannya seneng banget. Dan  masih ada event kaya tahun baru dan valentine yang gw lewatin dengan bahagia bersama Arisa.

14 Maret 2009, tepat setahun gw jadian dengan Arisa. Gw ada janji mau jalan dengan Arisa sebagai perayaan kecil-kecilan dan gw juga mau kasih dia coklat balasan valentine 14 Februari kemarin. Tapi ada satu hal yang bikin gw bingung, dia jarang banget senyum hari ini! Sekalinya senyum itu juga sepertinya sedikit dipaksa. Selama jalan-jalan gw berusaha ingat-ingat apa aja yg udah gw lakuin takutnya ada suatu kesalahan yg gw perbuat ke dia.

14.15 WIB gw dan Arisa makan bareng di KFC. Suasana hening. Lalu gw pun membuka pembicaraan.
”Lw kenapa? Sakit?” tanya gw.
”Ah, ngga. Cuma,ehm...ada yang pengen aku omongin.” jawabnya pelan.
”Apa? Omongin aja. Ngga apa-apa kok.” balas gw. Tiba-tiba Arisa menangis.
”Kenapa? Gw salah ngomong ya?” tanya gw panik.
”Kita putus aja ya.” jawabnya sambil mengusap air matanya.
”Kok gitu?! Gw salah apa? Kok tiba-tiba mau putus?” tanya gw bingung.
“Kamu ngga salah, aku ada alasan sendiri kenapa mau putus.” jawabnya parau.
“Aku….,aku sekeluarga harus pindah ke Singapura karena tugas dinas ayahku.” ucap Arisa sambil menahan tangis.
”Kan kita masih bisa berhubungan lewat telepon.” balas gw yang mencoba untuk tetap mempertahankan hubungan.
”Aku ngga bisa ngejalanin long distance relationship.” jawabnya sambil menyeruput segelas soda.
”Apaan tuh long..long..long apa?” tanyaku dengan kebegoan tingkat maximum.
”Long distance relationship! Hubungan jarak jauh dodol. Aku ngomongnya nih serius jangan bercanda dong.” jawabnya dengan ketus.
”Jadi lw beneran mau pergi? Kapan perginya?” tanya gw serius.
”Hari Sabtu di bandara Soetta jam 10 pagi.” Jawab Arisa sesegukan.
“Bandara mana tuh? Baru denger.”tanyaku lagi dengan kebegoan lebih dari maximum.
”Aduuh....maksudnya bandara Soekarno Hatta. Kamu ih....” jawabnya sambil tersenyum.
”Yaudah nanti gw kesana sama Dafa dan Tara. Kalau gitu kita jadiin hari ini hari terakhir kita berdua yang terindah ya.” ucapku sambil menggenggam tangannya. Arisa tersenyum, dia setuju dengan ideku itu.

Setelah makan kita ke kantin sekolah. Tempat dimana dulu gw dan Arisa pertama jadian. Disana gw dan Arisa bercanda seperti biasa. Saat gw nyalain mesin motor untuk antar Arisa pulang tiba-tiba saja dia menghampiri gw dan mencium pipi kiri gw. “itu cium perpisahan dari gw Bay.” ucapnya. “Oh iya, gw lupa mau kasih coklat ini ke lw. Ini coklat balasan Valentine kemarin. Sekalian angga ini jadi kado terakhir ya.” balas gw sambil nahan air mata. Ngga tau kenapa tiba-tiba aja mata gw terasa panas dan berair, maklum sebagai cowok gw hampir ngga pernah nangis. Setelah memberikan coklat gw pun mencium keningnya. Dan sepanjang perjalanan pulang Arisa memeluk pinggang gw dan terus mengajak gw ngobrol.

Hari Sabtu pun datang. Gw, Dafa dan Tara berangkat ke bandara jam 7 pagi. Dafa  dan Tara hanya diam selama perjalanan, mungkin mereka sedih dengan kepergian sahabatnya itu. Pukul 9.30 kami sampai di bandara. Gw coba hubungin Arisa untuk memberitahu kalau kami sudah di bandara.
“Halo. Bayu? Kenapa?” jawab Arisa.
“Arisa, lw dimana? Gw ada di pintu masuk utama bandara nih.” Jawab gw
“Oh kamu udah sampai? Aku masih di jalan. Mungkin 5 menit lagi sampai. Tunggu aja di situ oke.” jawab Arisa sedikit heran. Teleponnya langsung ditutup.

Ngga sampai 5 menit Arisa sampai di bandara, Dafa, Tara dan Arisa menangis sambil berpegangan tangan, gw yang melihat cuma bisa tersenyum kecil dan menahan tangis. Kami kemudian mengantar Arisa dan keluarganya masuk bandara. Gw memeluk Arisa untuk terakhir kalinya. Pukul 10.03 WIB pesawat yang dinaiki Arisa take off. Gw, Tara dan Dafa melambaikan tangan kemudian pulang. Dafa dan Tara masih sesegukan selama perjalanan pulang. Gw ngga bisa apa-apa. Gw cuma bisa bilang ”Dia ngga akan lupa sama kita.”

3 bulan berlalu. Gw belom dapet kabar lagi dari Arisa, gw juga jarang ketemu dia di chat Facebook. Kadang-kadang kalau ada tukang pos lewat rumah, gw pasang tampang kucing Shrek andalan gw berharap ada surat yg datenga buat gw. Dan akhirnya harapan gw itu terwujud. Sebuah kartu pos dari Singapura yang ditujukan untuk gw, Bayu. Ini isi kartu posnya :
”Bayu, apa kabar di sana? Maaf ya aku baru kasih kabar sekarang,  soalnya aku sibuk sama sekolah baru dan sibuk beres-beres di rumah baru. Oh iya aku juga kirim kartu pos ke Dafa dan Tara. Aku disini sekeluarga baik-baik aja. Kamu jangan lupa makan ya. Sehat selalu, jangan sering-sering sakit. Daripada telepon kan mahal, kamu kirim aja message ke Facebook aku. Oia cepet cari pacar baru, oke. Kapan-kapan aku kirim kartu pos lagi. Bye.”

Ternyata Arisa masih inget gw. Tanpa lw suruh gw cari pacar baru gw pasti akan dapetin tapi kisah cinta gw ngga bakal seindah sama lw dan  rasa sayang gw ke pacar baru gw itu pasti ngga sebesar rasa sayang gw ke lw. You’re my best lover, Ris!

Created By : NT

0 komentar:

Posting Komentar